Nama: Deviana Febriani
Nim: 20180502052
Mata Kuliah: Cyber PR
Dosen: Erna Febriani, S.Si.,M.Si
Cyber Public Relation, terkenal dengan singkatan Cyber PR) adalah hubungan masyarakat yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet dalam membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan (trust), pemahaman, citra perusahaan atau organisasi kepada public/khalayak dan dapat dilakukan secara one to one communication bersifat interaktif.
Cyber public relation juga yaitu public relations yang menjalankan berbagai aktivitas kerjanya dibantu atau menggunakan internet sebagai sarana
publisitasnya. Melalui cyber PR ,makapraktisipublicrelationsdapat
dengan mudah untuk melewati berbagai batasan dan penghalang, serta memudahkan public relations dalam menyampaikan pesan-pesan korporat kepada target, baik itu publik internal maupun publik eksternal, tanpa melalui atau bergantung pada pihak manapun seperti jurnalis atau editor jika didistribusikan di media cetak maupun elektronik.
Ada banyak manfaat yang didapatkan melalui aktivitas cyber PR, setidaknya ada enam potensi yang dapat dimanfaatkan melalui cyber PR:
1. Komunikasi Konstan. Internet adalah media yang tak pernah terlelap setiap harinya. Melalui internet PR dapat menjangkau pubiknya hingga ke seluruh dunia.
2. Respon yang cepat. Internet memungkinkan para pelaku cyber PR untuk mendapat respon yang cepat terhadap semua permasalahan serta pertanyaan prospek maupun pelanggan.
3. Pasar Global. Internet telah
menjembatani jurang pemisah geografis, melalui hubungan yang terjalin di dunia maya. Melalui internet memudahkan PR untuk berkomunikasi dengan pasar global yang ada di seluruh dunia dengan biaya yang cukup murah
4. Interaktif. Internet adalah media yang sangat interaktif. Feedback dengan mudah didapatkan melalui media sosial yang digunakan oleh PR.
5. Komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah terjalin antara organisasi atau instansi dengan publiknya. Melalui cyber PR dapat membangun hubungan yang kuat dan bermanfaat..
6. Hemat. Melalui cyber PR dapat membantu suatu instansi atau organisasi untuk menghemat biaya, karena tak lagi dibutuhkan biaya cetak yang dimana hanya mengandalkan internet untuk memberi informasi kepada masyarakat.
Manfaat Cyber Public Relations
- Real time, Komunikasi dapat dilakuan dengan cepat
- Komunikasi konstan, Komunikasi dilakukan terus menerus
- Interaktif, terjadinya komunikasi dua arah, di mana pesan dan feekback bisa sama-sama di dapatkan secara bersamaan
- No boundaries, selama ada jaringan internet yang terhubung, maka komunikasi akan terus berlangsung
- Multi media, Dapat menyajikan informasi dalam beberapa bentuk penyajian.
- Ekonomis, tidak membutuhkan biaya yang besar, karena hanya memerlukan jaringan internet
Kontribusi Cyber PR
- Menjaga indentitas online, kerahasiaan sangat penting
- Lakukaan riset-kualitatif dan kuantitatif, dapat melakukan riset dengan dua cara
- Membuat riset dan kemas kesadaran akan isu,
- Gunakan praktik media relations practices untuk jangkauan media traditional dan non-traditional, dapat melakukan pekerjaan dengan dua cara, baik itu secara konvensional maupun elektronik
- Berhubungan dengan publik lewat dialog, melakukan komunikasi dengan berbagai cara sepert, streaming / video call dan chatingg
- Kembangkan relasi online, membangun hubungan baik dengan relasi dengan cara selalu melakukan kontak dengan chating
- Komunikasi dengan khalayak internal dan eksternal, komunikasi dapat dilakukan lewat media atau tatap muka
- Crisis Communications dan Crisis Management
- Reputasi Management(perusahaan dan individu)
Prinsip Cyber PR
Internet telah mengubah praktik publik relations dalam menggunakan media dan berinteraksi Internet membuat terciptanya publik aktif yang ikut membentuk pemberitaan dalam media Apakah yang telah dianggap baik dalam media konvensional, dominasi sedikit jaringan dan reporter/jurnalis telah berganti, karena informasi bisa diakses langsung oleh konsumen/khalayak.
Salah satu tugas seorang PR adalah meningkatkan reputasi, Ada beberapa aktivitas cyber-PR yang bisa dilakukan untuk memperkuat reputasi.
Pertama, membuat website sehingga target audience Anda bisa memperoleh informasi sesuai keinginan mereka.
Kedua, membuat media kit online.
Ketiga, mengirimkan informasi secara reguler ke media dan juga pelanggan.
Keempat, mengaitkan bisnis Anda dengan topik-topik actual sehingga memudahkan pelanggan menemukan produk atau jasa Anda.
Kelima, dalam kondisi krisis atau ada masalah, perlu menciptakan akses informasi yang lebih cepat dari biasanya.
Keenam, bergabung dengan kelompok diskusi online sehingga bisa memantau reputasi brand dan target potensial pasar Anda.
Ketujuh, membuat promosi online dan even yang bisa memberikan dimensi baru bagi pemasaran.
Terakhir, membangun hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan.
Dalam kegiatannya di internet PR
jejaring sosial menjadi sarana populer dan cukup diperhitungkan keefektifannya di masa sekarang. Seperti instagram, twitter, facebook dan lain-lainnya.
Untuk menciptakan berita seorang PR juga harus menjaga hubungan baik dengan wartawan dapat dilakukan melalui email, jika seorang PR mempunyai database alamat email seorang wartawan akan lebih sangat mudah dalam mengirimkan siaran pres. Jika perusahaan anda mempunyai siaran pres yang butuh disampaikan dengan segera, anda tinggal sekali “click” maka siaran pres anda akan langsung sampai di meja wartawan.
Untuk tetap menjaga hubungan baik, anda bisa menyapa wartawan tersebut lewat email menanyakan kabar wartawan tersebut dan kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukan. Malah jika anda sudah sangat akrab dengan wartawan tersebut anda dapat melakukan wawancara / konferensi dengan menggunakan Instant Messenger seperti Yahoo Messenger, ICQ, atau yang lainnya.
Referensi :
Basrowi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2008 Cutlip M Scott, dkk. Efective Public Relations. Jakarta: Kencana. 2007
No comments:
Post a Comment