Menurut James A.F Stoner, Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunaan terhadap sumberdaya organisasi lainnya supaya tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan yang ditetapkan. Sedangkan bisnis memiliki definisisebagai satu kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk-produk dalam bentuk barang maupun jasa.
Dari pengertian manajemen dan pengeritan bisnis di atas dapat simpulkan bahwa manajemen bisnis adalah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk berupa barang atau jasa yang dapat memberikan keuntungan sebesar-besarnya pada pelaku usaha/bisnis-nya.
Pentingnya manajemen bisnis dalam usaha karena pelaku usaha membutuhkan pengaturan yang efekstif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada dalam usahany harus menggunakan prinsip manajemen. jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.
Dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
Berikut adalah Tips Sukses Dalam Merintis Usaha Baru
1. Yakinkan dirimu
Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.
2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan
Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.
3. Berpikir “Out of The Box”
Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.
4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas
Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.
5. Organisir diri
Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?
6. Rajin membuat catatan
Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.
7. Fokus pada satu bisnis dulu
Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.
8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk
Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.
9. Terbuka terhadap setiap evaluasi
Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.
10. Terus belajar dan jangan cepat puas
Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.
11. Jalankan bisnis yang Anda sukai
Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.
12. Jalankan bisnis yang Anda kuasai
Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.
13. Siapkan modal usaha
Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.
14. Lihat peluang bisnis
Sedikit bocoran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal ini adalah contoh peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.
15. Tentukan target pasar
Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.
16. Persiapkan operasional
Pastikan semua kebutuhan bisnis Anda dapat dipenuhi oleh alat atau mesin penunjang operasional. Anda bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.
17. Pilih SDM yang tepat
Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin Anda mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang Anda pekerjakan mendatangkan manfaat alih-alih mudarat.
18. Pahami kompetisi
Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.
19. Mental baja
Satu kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa Anda raih.
20. Action
Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.
Tujuh tahun yang lalu adalah hari-hari yang sangat berat bagi afifah dimana ia harus banting tulang membantu ibunya yang hanya penjual sayuran untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-harinya dan biaya kuliahnya dengan bekerja serabutan sehabis pulang kuliah.
Pada suatu ketika afifah bertemu dengan ibu2 yang sedang kesusahan membawa belanjaan,lalu afifah mendekat kearah ibu2 tersebut dan menawarkan bantuan kepada ibu2 tersebut dan ibu2 itu dengan senang hati menerima bantuan dari afifah. Lalu sesampainya dirumah ibu2 tersebut afifah disuruh main dirumaahnya dulu dan disana afifah dan ibu2 tersebut banyak berbagi cerita satu sama lain.
Keesokan harinya ibu2 tersebut mendatangi rumah afifah,ibu2 tersebut terharu melihat keadaan rumah afifah dan cerita dari bu afifah tentang kegigihan afifah dalam membantu ibunya untuk kehidupan sehari-hari dan biaya kuliahnya sendiri.
Hari terus berlalu,afifah terus belajar dan bekerja apapun yg bisa ia kerjakan untuk membantu ibunya dan memenuhi biaya kuliahnya.
Suatu hari afifah mendatangi sebuah tempat makan yang cukup besar dan disana ternyata mencari sebuah juru masak, afifah langsung kesana dan melamar kerja disana, ternyata pemilik tempat makan tersebut adalah ibu2 yang pernah dibantu oleh afifah, sontak afifah sangat terkejut bisa bertemu lagi dengan ibu2 tersebut dan ya tentu saja afifah diterima kerja di tempat makan tersebut.
Hari terus berlalu, ibu2 tersebut sangat kagum dengan afifah dan ibu2 itu pun sudah menganggap afifah sebagai anaknya sendiri sampai2 kuliah afifah pun di tanggung oleh ibu2 tersebut dan ibu afifah diangkat penjadi pemasok sayuran ke tempat makan ibu2 tersebut.
Alhamdulillah kini hidup afifah dan ibunya sudah berkecukupan setelah afifah bekerja ditempat makan ibu2 tersebut dan ibunya menjadi pemasok sayuran untuk tempat makan ibu2 tersebut,setelah itu hari kelulusan pun tiba, afifah menjadi salah satu mahasiswi berprestasi di kampusnya dan mendapat beasiswa di luar negeri,tetapi afifah tidak mengambilnya karena ia tidak bisa meninggalkan ibunya sendirinyg sudah berumur itu, tetapi itu bukan akhir dari segalanya untuk afifah,ia terus berusaha dan bekerja, dengan hasil bekerjanya afifah mempunyai tabungan ditambah dengan tabungan ibunya juga afifah mendirikan sebuah cafe yang sekarang sudah memliki puluhan cabang diseluruh kota.
Tidak sampai situ afifah juga tidak lupa dengan jasa ibu2 yang memiliki tempat makan tersebut, ia juga yg membantu afifaah bisa sampai sukses seperti ini,afifah selalu datang main kerumah ibu2 tersebut dan afifah memberi hadiah ibu2 tersebut berangkat umroh bersamanya dan ibunya.
Dari kisah diatas pelajaran yang bisa kita ambil yaitu siapapun kita, walaupum kita berasal dari orang yg kurang berkecukupan jangan menjadikan itu alasan untuk kita tidak terus berusaha untuk mencapai kesuksesan,karena dengan kerja keras dan berdoa apapun bisa kita raih jika bersungguh-sungguh.
Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) jadi topik hangat pembicaraan usai resmi menjadi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan masuk dalam database keanggotaan partai berlambang banteng bulat itu.
Gibran Rakabuming telah mengajukan permohonan untuk memperoleh kartu tanda anggota partai dengan mendatangi kantor DPC PDIP Solo, Senin (23/9/2019).
Suami Selvi Ananda itu membenarkan maksud kedatangannya ke DPC PDIP Solo untuk mengurus kartu keanggotaan.
“Jadi mulai hari ini saya menjadi bagian dari PDIP,” ungkapnya seperti dilansir dari Tempo.
Ayahanda Jan Ethes itupun tidak menampik mendaftarkan keanggotaan sebagai bagian dari upayanya maju pemilihan kepala daerah mendatang.
“Tapi sekarang saya menunggu arahan (dari partai),” imbuhnya.
Terlepas dari langkahnya menjadi anggota PDIP untuk maju dalam pemilihan kepala daerah mendatang, Gibran Rakabuming diketahui sudah lebih dulu membangun “kerajaan” bisnis miliknya.
Apa saja kerajaan bisnis Gibran Rakabuming? Yuk, ketahui lengkapnya seperti disarikan MoneySmart di bawah ini:
Chili Pari
Gibran Rakabuming (Instagram/@chillipari)
Pemilik nama Gibran Rakabuming Raka membangun kerajaan bisnisnya mulai dari Katering Chilli Pari yang berbasis di Solo sejak tahun 2010.
Saat itu, pria 31 tahun tersebut menggunakan dana sekitar Rp 700 juta dari pinjaman bank sebagai modal membeli peralatan katering.
Pria yang kini tengah menanti kehadiran anak keduanya itupun telah melakukan beragam inovasi yang membuat katering Chilli Pari gak cuma menyediakan katering saja, tetapi juga kebutuhan pesta. Misalnya, dekorasi, gedung, hiburan, undangan, dan sebagainya.
Saat ini, katering Chilli Pari sering digunakan buat pesta pernikahan. Bukan cuma di kota Solo, tetapi juga dari luar kota, seperti misalnya Yogyakarta, Ngawi, Madiun, hingga Semarang.
Markobar
Gibran Rakabuming (Instagram/@chillipari)
Sebagai putra orang nomor satu di Indonesia, Gibran terkenal dengan bisnis kuliner martabak berkonsep kekinian miliknya, Markobar alias Martabak Kota Baru.
Awalnya, martabak dengan beragam topping itu hanya ada di Solo dan Jakarta. Menawarkan sesuatu berbeda dan terus berinovasi membuat Markobar udah memiliki 33 outlet di seluruh wilayah Indonesia.
Dalam wawancara dengan Detik pada tahun 2017, Markobar mampu menjual 50 loyang per hari dari satu outlet. Itu berarti omzetnya Rp 2-5 juta.
Coba kalikan 33 outlet. Markobar dalam sehari bisa hasilkan Rp 66-165 juta per hari. Gimana kalau sebulan? Berarti bisa hasilkan Rp 1,98 miliar hingga Rp 4,95 miliar. Banyak banget ya omzetnya!
Kerjaholic
Gibran Rakabuming (Instagram/@kerjaholic)
Sebagai seorang pengusaha, Gibran Rakabuming tahu betul masalah-masalah yang biasa dialami para pemilik bisnis. Salah satu masalah utama ialah kesulitan menemukan pekerja lepas (freelance) atau paruh waktu (part time) di saat-saat mendesak.
Masalah serupa turut dirasakan oleh rekannya, Leonard Hidayat yang sebelumnya menjalankan bisnis di bidang properti dan retail.
Berlandaskan masalah yang sama, Gibran Leonard Hidayat, Josh Ching, Michael, Daniel Hidayat mendirikan sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu bernama Kerjaholic.
Kerjaholic merupakan sebuah aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari kerja dengan pihak-pihak yang sedang mencari pekerja lepas dan paruh waktu.
Goola
Gibran Rakabuming (Instagram/@chillipari)
Di tahun sama, tepatnya pada 17 Agustus 2018, Gibran Rakabuming bersama Kevin Susantomeluncurkan startup minuman Goola.
Goola merupakan merek dagang dari minuman es doger jeger, es kacang hijau, dan es goola aren. Meski minuman tersebut terkesan umum, Goola menyajikan versi yang lebih menarik dan modern.
Uniknya, Goola meraih pendanaan dari pemodal ventura, Alpha JWC Ventures. Kabar disuntiknya bisnis es doger milik Gibran Rakabuming bikin heboh. Pasalnya, dana yang diraih mencapai US$ 5 juta atau sekitar Rp 70 miliar.
Bukan tanpa alasan Alpha JWC Ventures berani mendanai startup minuman Goola. Seperti dilansir dari Vivanews, pemodal ventura (venture capitalist) ini yakin kalau Goola bakal berkembang, apalagi antara Goola dan Alpha JWC Ventures punya misi dan ambisi yang sama.
Bahkan, Alpha JWC Ventures memiliki keyakinan kalau bisnis anak Jokowi ini berpotensi go international. Besaran suntikan dana ini menurut Alpha JWC Ventures telah disesuaikan dengan valuasi, kebutuhan, dan potensi daristartup itu sendiri.
Itulah empat kerajaan bisnis yang ditekuni Gibran Rakabuming hingga membuatnya kini memutuskan untuk ikut berkiprah ke ranah politik.
Sebenarnya, gak ada salahnya jika Gibran Rakabuming mengikuti jejak sang ayah terjun ke dunia politik.
Di balik langkah pribadi yang ditempuhnya, pria kelahiran 1 Oktober 1987 itu juga pintar memanfaatkan popularitas berkiprah di industri bisnis.
Selain berbisnis sendiri, kakak Kahiyang Ayu itu diketahui juga bekerjasama dengan adik bungsunya, Kaesang Pangarep merilis lini bisnis lain.
Siapapun diri kamu, dari keluarga kaya atau pun miskin,selagi kita mempunyai keyakinan terhadap apa yang ingin kita capai,terus berusahalah dan pantang menyerah agar keinginan kalian dapat terwujud dikemudian hari dan mencapai kesuksesan.
Analisis Objek Kajian Ilmu
Komunikasi Sebagai Turunan Ilmu Sosial Terapan
Pendahuluan
Sebagai makhluk sosial
manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin
mengetahui lingkungan sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi
dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia untuk berkomunikasi.
Dalam hidup
bermasyarakat, orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain akan
terisolasi dari masyarakat lainnya. Oleh karena itu, komunikasi adalah bagian
kekal dari kehidupan manusia seperti halnya bernapas, sepanjang manusia ingin
hidupm ia perlu berkomunikasi. Salah satu faktornya karena manusia adalah
makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan orang
lain.
Ilmu sosial itu
kemudian dikaji sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai ilmu komunikasi yang
mengkaji khusus tentang kehidupan atau proses kehidupan antarmanusia. Oleh karena
itu, untuk mengetahui lebih lanjut, saya memilih untuk mengkaji permasalahan
objek kajian ilmu komunikasi ke dalam jurnal yang terpilih.
Pembahasan
Sebelum membahas
intinya, perlu diketahui bahwa komunikasi adalah ilmu multi disipliner, dimana
perkembangannya didapat dari ilmu lain dan memunculkan ilmu-ilmu lain pula.
Definisi ilmu
komunikasi sendiri berpangkal pada perkataan latin “communis” yan artinya
membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi
juga berasal dari akar kata dalam bahasa latin “communico” yang artinya membagi
(Cangara, 2007) menurut kutipan Cherry dalam bukunya (Stuart, 1983)
Komunikasi sebagai ilmu
menurut buku Ilmu Komunikasi (Riswandi, 2009) adalah suatu upaya yang bertujuan
untuk mencapai kebersamaan dimana dalam upaya tersebut terjadi suatu proses
pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda
atau tingkah laku.
Ruang lingkup dalam
ilmu komunikasi menurut buku Pengantar Ilmu Komunikasi (Cangara, 2007) adalah
peristiwa komunikasi yang diciptakan oleh manusia kepada manusia lain, yang
dikaji sebagai peristiwa komunikasi sendiri adalah komunikasi antar insani atau
manusia yang dimaksudkan untuk menjadi kajian ilmu kemasyarakatan.
Menurut saya setelah
mengkaji teori-teori mengenai ilmu komunikasi dan objek komunikasinya sendiri
adalah, dalam berbagai bidang yang menggunakan ilmu komunikasi sebagai dasar
konsep adalah dengan penggunaan caranya dengan pesan yang berbeda-beda karena
yang membedakan ilmu komunikasi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah motif adanya
komunikasi tersebut yang mempengaruhi kehidupan manusia dalam bidang sosialnya
sebagaimana ilmu sosial adalah bagian terapan dari ilmu komunikasi.
Analisi
Jurnal Pertama dan Kedua
-Analisis
Semiotika Komunikasi Antarbudaya Amerika Dengan China Dalam Film The Karate Kid
Felicia Hanny, Dani Vardiansyah
Abstract
Penelitian
ini menitikberatkan pada dominasi kebudayaan China dalam sebuah film dibandingkan dengan kebudayaan
Amerika. Film merupakan komunikasi
massa audio visual dimana dalam pembuatannya, tidak semudah yang kita bayangkan dan sesingkat saat kita
melihat di televisi atau di bioskop.
Pembuatan film membutuhkan waktu yang sangat panjang dari masa pra produksi, produksi dan paska produksi. Tidak hanya memakan waktu, pembuatan film juga
membutuhkan biaya yang cukup besar
dan SDM yang memadai. Dalam pekerjaannya, terdapat satu tim kerja atau team work yang
masing-masing mempunyai peran yang saling mengisi.
Penelitian ini ingin mengetahui perbedaan cara penyajian nilai-nilai kebudayaan dari segi bahasa, bahasa
tubuh, cara berinteraksi, intonasi,
budaya tinggi dan budaya rendah Amerika dengan China dalam Film The Karate Kid. Jenis
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kebudayaan China kuno sangat kental dalam Film The Karate Kid.
-Pengaruh
Daya Tarik Konten Fan Page Facebook “Thenewbikingregetan” Terhadap Arah Opini
Pengikutnya Di Jakarta
Ivania
Chandra Rahardja, Dani Vardiansyah
Abstract
“Thenewbikingregetan”
merupakan fan page Facebook yang gemar membagikan informasi terkait dengan
pelanggaran yang terjadi di masyarakat. Informasi yang dibagikan tersebut dapat
berpengaruh terhadap arah opini publik para pengikutnya. Opini publik tidak
dapat diukur, tetapi arah opini publiknya dapat diukur, apakah ke arah positif,
netral, atau negatif. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh
daya tarik konten fan page Facebook “Thenewbikingregetan” terhadap arah opini
pengikutnya yang berdomisili di Jakarta. Penelitian dilakukan melalui
pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksplanatif-survei. Pengambilan
data dilakukan melalui kuesioner (survey) online dan studi kepustakaan, dengan
jumlah sampel 100 responden dari total 27.344 responden yang merupakan
populasinya. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan Rumus Slovin, dengan teknik
non-probability sampling dan jenisnya adalah sampling kuota. Penelitian ini
kemudian dikaji dengan dimensi dari daya tarik konten fan page Facebook yaitu
faktor personal dan faktor interpersonal, serta dikaji dengan dimensi dari arah
opini pengikutnya yang berada di Jakarta yaitu positif, netral atau negatif.
Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linear sederhana
Y=3.925+(0,74)X, serta nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil
tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan,
serta terdapat keterkaitan dengan hubungan yang kuat, antara daya tarik konten
fan page “Thenewbikingregetan” dengan arah opini pengikutnya yang berdomisili
di Jakarta. Jadi dapat disimpulkan bahwa daya tarik konten fan page
“Thenewbikingregetan” memberikan pengaruh dalam peningkatan arah opini
pengikutnya.
Hasil Analisis kedua jurnal
-Jurnal pertama mengkaji tentang
kebudayaan, meliputi kebudaayan China Kuno dan Amerika yang dibedakan atau
pembawaan bahasa, nilai-nilai kebudayaan dan yang lainnya sehingga membawa
pengaruh terhadap budaya Amerika yang lebih rendah intensinya dibandingkan
dengan China kuno. Jurnal pertama bukan kajian dari objek ilmu komunikasi
dikarenakan unsur dari pesan tersebut memberikan kesan komunikasi antarbudaya
dimana komunikasi hanya dijadikan dasar adanya perkembangan manusia dalam
nilai-nilai kebudayaannya sedangkan kebudayaan tidak dikaji secara dalam oleh
ilmu komunikasi.
-Jurnal kedua mengkaji tentang adanya
pengaruh media sosial yang mempengaruhi opini masyarakat mengenai konten yang
diciptakan atas dasar menarik perhatian dalam mengarahkan opini publik. Unsur pesan
yang disengaja membuat kasus di dalam jurnal kedua merupakan objek kajian dari
ilmu komunikasi karena dalam unsur kesengajaan terdapat adaptasi tingkah laku
masyarakatnya terhadap perkembangan komunikasi melalui informasi-informasi
tertentu.
Kesimpulan
Komunikasi adalah suatu
transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya
dengan membangun hubungan antarsesama manusia, melalui pertukaran informasi,
menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain serta berusaha mengubah sikap dan
tingkah laku itu. komunikasi penting dipelajari karena dengan adanya
komunikasi, makhluk hidup dapat beradaptasi dan berkomunikasi sehingga dengan
mempelajari ilmu komunikasi, manusia dapat berkomunkasi dengan baik kepada
orang lain, semakinbanyak yang mengenal akan etika komunikasi dan mengetahui
konsep, teori dan dasar-dasar praktik komunikasi yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Cangara, Hafied.
(2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Edisi
Pertama. Jakarta: RajaGrafindo.
Hanny, F., &
Vardiansyah, D. (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Antarbudaya Amerika
Dengan China Dalam Film The Karate Kid. Koneksi, 1(2), 353-357.
Rahardja, I. C., &
Vardiansyah, D. (2018). Pengaruh Daya Tarik Konten Fan Page Facebook
“Thenewbikingregetan” Terhadap Arah Opini Pengikutnya Di Jakarta. Prologia,
1(2), 460-464.